Tips Persiapan Kendaraan di Musim Hujan

Saat musim hujan tentu membutuhkan kewaspadaan lebih bagi kita saat berkendara. Namun tak hanya itu, kondisi mobil dan semua fitur, khususnya yang dibutuhkan untuk menembus hujan patut kita perhitungkan. Akan sangat berbahaya kalau saat hujan di tengah perjalanan, ternyata fitur seperti wiper atau karet-karet pintu ternyata tidak dapat bekerjasecara maksimal. Ketika musim hujan tiba hendaklah mempersiapkan kendaraan sebaik mungkin.

  • Perhatikan kondisi wiper
Saat kemarau, wiper ini banyak istirahatnya atau jarang sekali digunakan. namun ketika musim penghujan tiba, air di permukaan kaca tidak tersapu sempurna. Jangan langsung ganti karet wiper. Coba bersihkan dulu karetnya dengan lap, karena debu dan kotoran bisa bikin karet wiper tidak lentur yang mengakibatkan tidak berfungsi.
  • Cek kinerja air pembasuh kaca (water spray)
Tekan tombol water spray untuk membersihkan kaca depan. Jika semprotan air dari nosel tidak deras, tersendat atau tidak keluar sama sekali, berarti ada yang tidak beres. Periksa nosel, mungkin lubangnya tertutup kotoran. Cek juga siste water spray. Apakah selangnya kelipat, tersumbat bahkan copot.

  • Perhatikan kondisi ban mobil 
Saat melewati jalanan yang basah atau tergenang air, ban mobil menjadi bagian yang sangat penting. Motif kembang ban pun akan menjadi tumpuan agar ban tidak sampai melayang atau berjalan diatas air. Pastikan kondisi ban anda dalam kondisi baik dan layak untuk digunakan saat musim hujan tiba.

  • Periksa kebocoran dan karet pintu
Kebocoran pada bodi mobil, atau karet pintu yang sudah tidak rapat tentu akan membuat perjalanan saat hujan menjadi terganggu. Bocor tersebut menyebabkan air masuk ke dalam kabin mobil. Cek kebocoran pada mobil serta kondisi karet-karet yang ada pada jendela mobil.

  • Pastikan AC dan Defogger bekerja
Saat musim hujan tiba, AC dan Defogger sangat berguna untuk mencegah timbulnya kabut atau embun pada kaca mobil yang dapat menghalangi pandangan pengemudi. Segera cek untuk memastikan AC dan Defogger pada mobil bekerja secara normal.

Semoga informasi ini bermanfaat, sebentar lagi musim hujan tiba. Segera cek kondisi mobil anda.

Tips Persiapan Kendaraan di Musim Hujan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonim

0 comments:

Posting Komentar