Tradisi Melekan Masyarakat Pedesaan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia "melek" berarti tidak tidur. tidak tidur disini sengaja dilakukan untuk tujuan tertentu. Di pedesaan tradisi melekan masih dilakukan, jangan heran bagi anda yang hijrah dari kota ke pedesaan menemukan hal seperti ini. rasa kekeluargaan tercipta pada saat berkumpul bersama, berbaur dari semua kalangan baik tua, muda semuanya menyatu.


Melekan biasanya dilakukan masyarakat bila ada hajatan seperti pernikahan maupun khitanan. melekan yang dilakukan pada saat hajatan nikah biasanya dilakukan malam sebelum akad nikah dilangsungkan. orang-orang berdatangan ke rumah yang melaksanakan hajat tersebut sambil memberi ucapan selamat beserta memberi amplop (kondangan). Tuan rumah yang punya hajat biasanya juga mengadakan acara hiburan masyarakat bisa itu pengajian, dangdutan, wayang golek, nonton layar tancap, maupun hanya sekedar melekan saja dengan tujuan menemani calon pengantin.



Bergulirnya zaman ke zaman, orang-orang mulai tidak peka terhadap lingkungan sekitar, jarang sekali bersosialisasi. Tradisi melekan merupakan acara yang masih menjunjung nilai sosial, begitu sangat menjunjung tali silaturahmi antar warga. semoga tradisi melekan ini tidak punah

Tradisi Melekan Masyarakat Pedesaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonim

0 comments:

Posting Komentar