Cara sukses menghadapi Uji Kompetensi Guru (UKG)

Tanggal 9 sampai 27 Nopember 2015 seluruh guru di Indonesia, termasuk PNS maupun Non PNS mengikuti Uji Kompetensi Guru. Diadakannya uji kompetensi guru ini yaitu untuk pemerataan kompetensi guru sendiri, yang mana nantinya data hasil dari uji kompetensi guru ini akan digunakan oleh pemerintah untuk menentukan kebijakan-kebijakan terhadap guru.

Mungkin bagi sebagian guru ada yang sedikit nervous atau gugup dalam menghadapi uji kompetensi guru ini. Pada kesempatan kali ini ada beberapa tips yang harus dilakukan oleh guru yang akan mengikuti UKG, supaya nanti pada saat pelaksanaan UKG ini berjalan dengan lancar dan sukses.

  • Latihan dengan soal-soal yang sudah ada dan bertanyalah kepada guru yang sudah melaksanakan UKG
Ada baiknya jika dalam waktu santai isi waktu tersebut dengan latihan soal-soal. Dengan latihan seperti ini bisa memperluas pengetahuan seputar soal-soal UKG yang bisa saja muncul saat pelaksanaan UKG nanti. UKG ini dilaksanakan dari tanggal 9-27 Nopember, tentunya antara guru bergilir dalam penjadwalan UKG ini. Ada baiknya jika bertanya kepada guru yang sudah terlebih dahulu melaksanakan UKG. Seperti apa tata cara pelaksanaan nya, model soalnya seperti apa, anda bisa berkonsultasi.

  • Pastikan data diri untuk pendaftaran UKG benar
Kadang masih selalu ada saja yang salah data. seperti contoh guru Penjaskes yang seharusnya mengisi soal UKG sesuai kompetensinya malah mengisi soal yang bukan sesuai kompetensinya. Maka dari itu perlu di kroscek hal tersebut. kemudian kroscek juga data anda, dan apabila ditemukan kesalahan segera untuk melaporkannya untuk mendapatkan perbaikan .

  • Berdoa dan Berkonsentrasi
Untuk mendapatkan ketenangan dan kelancaran ada baiknya selalu selalu berdoa. memanjatkan doa supaya dilancarkan dalam pelaksanaan UKG. Kemudian juga dalam pelaksanaan pengisian soal UKG ini berkonsentrasilah terhadap soal-soal  yang disajikan, sebisa mungkin tetap fokus.

Sumber : sekolahdasar.net

Cara sukses menghadapi Uji Kompetensi Guru (UKG) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonim

0 comments:

Posting Komentar