Menyikapi Perkembangan IPTEK

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau yang kita kenal sebagai IPTEK mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Kita mengakui bahwa IPTEK memang telah mengambil peranan penting dalam pembangunan dan peradaban material manusia. Penemuan-penemuan IPTEK telah memberikan bermacam-macam kemudahan pada manusia. Diantaranya adalah bagi lembaga pendidikan, IPTEK memudahkan para siswa dan guru dalam mencari sebuah materi, kegiatan PBM di kelas dan bagi perkembangan dan kemajuan sekolah itu sendiri.


Ilmu Pengetahuan Teknologi  dalam  islam menurut Dr. Hamka B, M.Ag.“ IPTEK dapat bermanfaat baik apabila kita selaku manusia dapat memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan, serta berlandaskan syariat islam. Misalkan penggunaan  alarm untuk pengingat waktu adzan, Al-Quran digital, Video dan Audio dakwah berbasis online , pengajaran ilmu tajwid berbasis Electronic serta teknologi terkini dari hasil para peneliti “.

Ilmu-ilmu yang dikembangkan atas dasar keimanan dan ketakwaan kepada Allah akan memberikan jaminan kebaikan bagi kehidupan umat manusia termasuk bagi lingkungannya. “ Pengembangan IPTEK yang lepas dari keimanan dan ketakwaan tidak akan bernilai ibadah serta tidak akan menghasilkan manfaat bagi umat manusia dan alam lingkungannya bahkan akan menjadi malapetaka bagi kehidupannya sendiri “. (M. Saifulloh, 2009).

Manusia modern sudah sangat bergantung kepada produk-produk IPTEK. Berbagai hasil IPTEK penemuan para peneliti telah banyak ditemukan. Keperluan hidup harian manusia modrn mulai dari makan, minum, tidur, tempat tinggal, tempat bekerja, alat-alat transportasi, sampai alat-alat komunikasi, alat-alat hiburan, kesehatan dan semua aspek kehidupan manusia tidak terlepas dari produk IPTEK. Pada zaman modern ini, sebagai salah satu contoh konkrit IPTEK  terkini adalah Gadget. Banyak para remaja yang marak menggunakan gadget untuk berbagai keperluan. Gadget sudah menjadi salah satu alat penunjang aktivitas para remaja dalam berinteraksi, berkomunikasi, dan berbagai pngerjaan kebutuhan lapangan. Pada sekolah menengah, penggunaan gadget sudah marak-maraknya. Hampir setiap siswa mempunyai gadget untuk keperluan sehari-hari. Gadget yang digunakan bervariasi, mulai dari yang harganya minimalis sampai pada harga yang eklusif. Secara umum, mereka menggunakan gadget disamping sebagai model trend masa kini, gaya dan pola hidup, juga kebutuhan pribadi yang tidak bias dipisahkan. Misalkan penggunaan laptop dan internet sebagai salah satu alat mempermudah pengerjaan tuga sekolah.

Penggunaan gadget dikalangan siswa sekolah menengah akhir-akhir ini sangat memperihatinkan, ditandai dengan maraknya kasus-kasus dimasyarakat yang melibatkan penggunaan gadget, diantaranya terdapat kasus penculikan dan tindak kriminal lainnya. Hal tersebut terjadi karena adanya penyalahgunaan dalam pemanfaatan IPTEK. Gadget seharusnya dijadikan sebagai suatu alat yang digunakan untuk kepentingan yang lebih baik, serta dijadikan sebuah penunjang bagi segala bentuk aktivitas keseharian, misalkan untuk referensi, petunjuk, alat komunikasi, alat bantu penyelesaian tugas serta pemanfaatan jejaring sosial bagi kepentingan komunikasi dan silaturahmi.

Menyikapi Perkembangan IPTEK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonim

0 comments:

Posting Komentar