Tips Tanaman Cengkeh Tetap Subur

Musim kemarau yang berkepanjangan berdampak pada tanaman. Tanaman membutuhkan air guna pertumbuhannya. Salah satu tanaman yang sangat membutuhkan air adalah pohon cengkeh, kenapa pohon cengkeh? ya, tanaman ini sangat banyak ditanam dan digandrungi oleh petani karena hasil yang menjanjikan ketika cengkeh tersebut sudah waktunya di petik. Pohon cengkeh sendiri merupakan tanaman asli asal Indonesia. Banyak negara tetangga yang membudidayakan tanaman ini, seperti : Zanzibar, India, dan Sri Lanka.

Cengkeh sendiri dapat digunakan sebagai bumbu masakan, digunakan sebagai bahan rokok. Di tiongkok dan jepang sendiri cengkeh digunakan sebagai bahan dupa. Cengkeh juga bisa diambil minyaknya kemudian dijadikan sebagai aroma terapi. Begitu bermanfaat bukan? ya, sangat bermanfaat. Lalu bagaimana untuk tetap melestarikan tanaman ini ketika musim kemarau tiba? berikut simak sedikit ulasan garduflash :
  • Ketika musim kemarau tiba, hendaklah minimal seminggu sekali menyempatkan untuk menyiram
  • Ketika cengkeh masih dalam proses penanaman hendaknya sambil diberi pupuk kandang
  • Alternatif bagi yang susah air bisa dengan cara infus, cara ini sangat efektif untuk menghemat air tapi tanaman tetap mendapatkan air dan mengantisipasi supaya tanaman cengkeh ini tidak mati. Berikut cara infus pada tanaman cengkeh:
  1. Siapkan Botol bekas minuman mineral yang besar
  2. Siapkan jarum lalu lubangi sekitar area botol mineral
  3. Isi botol tersebut kemudian dekatkan pada pohon
Untuk catatan, bahwa dengan cara infus tersebut haruslah dalam pengawasan. Luangkan waktu seminggu sekali untuk mengecek apakah air masih ada, apakah air tidak mengalir dari botol tersebut.

Sekian dulu informasi dari garduflash, semoga bermanfaat. Happy Bercocok Tanam.

Tips Tanaman Cengkeh Tetap Subur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonim

0 comments:

Posting Komentar